RSS

Cara Sukses Ikut Job fair

14 Okt

Kemarin, saya mengikuti sebuat acara yang senantiasa ramai dikunjungi oleh fresh graduide/ lulusan mahasiswa yang baru aja lulus yang bernama jobfair. Jobfair yaitu suatu tempat acara yang mempertemukan antara penerima pekerjaan (Perusahaan) dan pencari Pekerjaan. Pada acara tersebut begitu banyak perusahaan dari berbagai latar belakang hadir memeriahkan jobfair. Nah, dari pengalaman yang saya alami kemarin ada beberapa tips dan triks agar kita cepat mendapat pekerjaan dari jobfair. Caranya adalah:

1. Cari tahu tentang acara jobfair. Ini berguna karen dengan kita mencari tahu tentang acara jobfair (tempat/ lokasi, perusahaan mana saja yang hadir, waktu pelaksanaan, dan syarat untuk mengikuti jobfair) agar kita tidak dapat menjadwalkan dan mempersiapkan perusahaan mana aja yang ingin kita masuki lamaran.

2. Sehari sebelum acara jobfair dimulai, sebaiknya anda mempersiapkan CV, Surat lamaran, Pas Photo terbaru, ijazah yang dilegalisir/ Surat Keterangan Lulus, Transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Atur dan Masukan Amplop berwarna coklat (ini yang saya lakukan).

3. Belajar Tes Potensi Akademik dan Psikotes sebagai persiapan/ jaga-jaga apabila ada walk interview. Biasanya jobfair akan memberitahukan apakah ada Walk intreview atau tidak.

4. Pada hari H jobfair. Sebelum berangkat ke Jobfair, Periksa kembali Perlengkapan dan Amunisi data yang akan anda bawa (point nomer 2). dan Bawalah air minum sebagai bekal anda.

5. Berpakaianlah yang menarik dan sopan agar Perusahaan tertarik pada anda. Dan datanglah 30 menit lebih awal sebelum acara dimulai.

6. Pada pelaksanaan jobfair, yang pertama anda lakukan adalah mengelilingi stand terlebih dahulu agar anda tahu stand mana saja yang menarik minat anda untuk bergabung disana.

7. Masukan lamaran anda ke Perusahan yang benar-benar menarik minat, sesuai dengan jurusan pendidikan yang anda tempuh dan jangan asal memasukan lamaran, karena akan mempengaruhi proses seleksi anda. ( Akan banyak membuang tenaga karena saking banyaknya proses seleksi)

8. Jangan lupa selalu tersenyum dan ceria selama proses jobfair berlangsung. Karena tidak jarang perusahaan mengamati anda pada saat jobfair berlangsung.

Demikian tadi tips dan triks saya menanggapi acara jobfair. Pesan saya adalah, jangan hanya berusaha mencari pekerjaan saja, namun harus diimbangi dengan doa ke pada sang pencipta. Karena sesungguhnya Rizky sudah Allah rencanakan. Sukses buat kalian semua.

🙂

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 14, 2011 in Share, Tips dan Triks

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: